Beragam Resep Herbal dan Khasiat Menakjubkan Daun Kemangi | Info Sipaijo

Info tentang Manfaat Dan Khasiat Daun Kemangi Bagi Kesehatan, Disertai dengan resep herbal dengan menggunakan daun Kemangi

 Daun Kemangi dikenal selalu setia menemani hidangan pedas orang-orang desa, berbagai resep turun temurun dengan memanfaatkan khasiat alami daun kemangi mungkin telah berlangsung selama ribuan tahun.

  Bermasalah dengan bau mulut ataupun bau badan? cukup merepotkan pastinya.. tapi jangan khawatir, mengonsumsi lalap kemangi segar setiap hari secara rutin akan melenyapkan keresahan anda ini, dan jika Anda kurang suka dengan rasanya, bisa juga dengan meminum air perasan daun kemangi yang dipadu dengan daun kunyit dan daun beluntas secara rutin setiap hari.

John Henry M. dalam bukunya berjudul ”A Dictionary of Practical Material Medical” mengatakan bahwa khasiat daun kemangi atau sari daun kemangi yaitu dapat menyembuhkan penyakit diare, gangguan pada vagina, nyeri payudara, hingga mengatasi batu ginjal dan albuminaria.

Sedangkan berdasarkan hasil penelitian yang dilaporkan oleh Center for New Crops and Plant Products, Purdue University, AS , membuktikan bahwa daun kemangi benar-benar terbukti berkhasiat sangat ampuh mengatasi keluhan flu, cacingan, sembelit, diare, sakit kepala hingga penyakit ginjal.

Selain itu, penelitian tersebut juga membuktikan manfaat daun kemangi untuk mengobati perut kembung, maag, badan lesu, masuk angin, hingga mengatasi kejang. Aroma dari daun kemangi juga dapat digunakan sebagai obat nyamuk.

Daun kemangi sering disuling karena mengandung minyak atsiri golongan tinggi dimana aroma kemangi akan hilang dalam waktu 24 jam setelah dioleskan ke tubuh. Minyak atsiri tersebut bisa membuat tubuh lebih segar dan meringankan rasa sakit sehingga akan sangat baik digunakan sebagai minyak pijat aromaterapi. Hanya saja, jika Anda adalah seorang Ibu hamil mohon jangan menggunakan minyak ini karena beresiko dapat menyebabkan keguguran.
http://info-sipaijo.blogspot.com/2015/04/khasiat-khasiat-menakjubkan-daun.html
Daun Kemangi Lezat dan Berkhasiat 


Manfaat daun kemangi selanjutnya adalah untuk mengatasi masalah pencernaan, infeksi usus, muntah, sakit kepala, demam, hingga radang lambung. Bahkan, bagi Anda yang memiliki keluhan ejakulasi, daun kemangi mengandung zat Eugenol dan Apigenin fenkhona yang dapat membantu membuat ereksi lebih mudah, dan zat arginin untuk mencegah kemandulan.

Nah beberapa Informasi dan juga Resep Sehat dengan menggunakan daun Kemangi berikut ini, semoga bisa mempermudah anda membuktikan kehebatan Daun kemangi yang lezat dan beraroma segar ini.

1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Khasiat daun kemangi yang pertama adalah dapat membantu tubuh anda dalam meningkatkan kekebalan, ini karena daun kemangi memiliki kandungan beta karoten yang dapat meningkatkan respon antibodi, sehingga dapat meningkatkan kekebalan tubuh.

Kandungan beta karoten juga dapat membantu sintesis protein sehingga mendukung proses pertumbuhan dan juga dapat memperbaiki sel-sel yang rusak. Selain itu, khasiat daun kemangi dari kandungan beta karoten tersebut dapat membantu untuk meningkatkan fungsi penglihatan.

2. Mencegah Kemandulan

khasiat daun kemangi dapat membantu untuk mencegah kem4ndulan. Ini karena daun kemangi mengandung zat arginin yang dapat memprkuat daya hidup sperm4 sehingga dapat mencegah kem4ndulan.

Selain itu, daun kemangi juga mengandung zat eugenol dan apigenin fenkhona yang dapat membantu meningkatkan kualitas biologis, dan mencegah ejakulasi dini.

3. Mengobati Panu

Caranya cukup mudah. Ambil segenggam daun kemangi dan cuci bersih, setelah itu haluskan. Beri sedikit air campuran kapur sirih dan selanjutnya balurkan pada bagian kulit yang terserang panu. Sebaiknya dilakukan dua kali dalam sehari.

4. Mengobati Sariawan

Caranya cukup ambil daun kemangi kira-kira 50 helai dan cuci hingga bersih. Selanjutnya kunyah daun tersebut kurang lebih dua hingga tiga menit. Setelah halus, telah daun kemangi tersebut dan langsung minum air hangat. Untuk hasil maksimal, lakukan maksimal 3 kali dalam sehari.

5. Melawan Radikal Bebas

khasiat daun kemangi sangat baik untuk melawan radikal bebas, ini karena daun kemangi memiliki antioksidan yang sangat baik untuk melawan radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh kita. Antioksidan yang berupa flavonoid dan juga eugenol mempu mencegah pertumbuhan bakteri,virus dan jamur.

6. Membantu Pertumbuhan Tulang

 Daun kemangi dapat membantu pertumbuhan tulang kita. Ini karena daun kemangi memiliki kandungan kalsium dan fosfor yang berperan penting dalam mengatur pembentukan dan pertumbuhan tulang.

Kemudian kandungan astenol dan boron dalam daun kemangi memberikan khasiat daun kemangi yang berperan aktif dalam merangsang funsi kerja dari hormon estrogen dan juga hormon endrogen, serta mencegah pengeroposan tulang.

7. Melancarkan Aliran Darah

Daun kemangi juga bermanfat untuk membantu melancarkan peredaran darah dalam tubuh kita. Ini dilihat dari daun kemangi yang memiliki kandungan magnesium yang dapat membantu merileksasi jantung dan juga pembuluh darah, sehingga menjaga aliran darah untuk tetap lancar.

8. Menghilangkan Mual dan influenza (Flu)

Caranya cukup mudah, pertama keringkan daun kemangi dan kemudian seduh layaknya teh. Minum air teh kemangi tersebut dua kali dalah sehari dan badan Anda akan sembuh dari mual serta menghalau flu datang.

9. Menghilangkan Bau Mulut alias Nafas Yang Tidak Sedap

Caranya, ambil daun kemangi, biji juga akarnya. Bersihkan dan kemudian seduh dengan air yang panas. Air seduhan tersebut bisa Anda tambahkan dengan gula merah atau madu. Minum air tersebut di setiap pagi sebelum beraktifitas.

10. Meredakan Perut Kembung

Caranya, rebus daun kemangi dengan bawang merah yang kemudian dicampur dengan minyak kelapa. Ramuan tersebut segera dioleskan merata pada perut yang dirasa kembung.


 Selain Enak Daun kemangi ternyata juga memiliki Khasiat yang luar biasa bukan? Jadi gimana masih pengen sehat kan? jangan lupa tanam kemangi di kebun, halaman atau bisa juga di sisipkan sela-sela pot bunga anda, biar setiap pagi bisa anda petik sendiri daun kemangi segar yang diciptakan Tuhan dengan penuh keajaiban dan memiliki beragam khasiat ini. :)

 Baca Juga :

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »