Kutipan Kata Motivasi Belajar | Ilmu itu Cantik Jelita Bagai Bidadari

   Semangat kita dalam belajar atau menuntut ilmu sudah pasti seringkali mengalami pasang surut, hal ini wajar saja karena belajar sebagaimana kita ketahui adalah sebuah proses latihan yang akan menghasilkan pertumbuhan dan pengembangan bagi kualitas hidup dan kematangan psikologi kita, jadi kadang memang otak terasa begitu penat, dan butuh juga istirahat sebagai tenggang untuk menyesuaikan dan mengembangkan ilmu pengetahuan yang telah kita dapat.

Nah yang harus diwaspadai adalah penyakit malas yang bisa saja datang sewaktu-waktu, malas datang karena kurangnya motivasi, motivasi tidak muncul karena kurangnya pemahaman akan pentingnya ilmu pengetahuan. kemalasan dalam belajar janganlah dibiarkan berlarut-larut sebab ia akan merugikan diri kita sendiri.. loh kok bisa?
http://info-sipaijo.blogspot.com/2015/04/kutipan-kata-motivasi-belajar-ilmu-itu.html
Belajar adalah kewajiban bagi setiap muslimin dan muslimah

Untuk menjawab pertanyaan diatas mari kita cermati dan renungkan kata-kata yang penuh sugesti ini :p
  • Kesengsaraan dan kesulitan yang datang menimpa, mungkin saja adalah hukuman atas kemalasan dan kelalaian kita dalam menuntut ilmu. 
  • Jika menuntut ilmu adalah kewajiban, meninggalkannya berarti berdosa dan menjadikan pelakunya layak untuk dihukum.
Cukup jelas dan tidak perlu kita panjang lebarkan lagi konsekuensi dari kemalasan dalam menuntut ilmu, Bagi kaum muslimin menuntut ilmu adalah suatu kewajiban, bahkan hukumnya wajib 'ain  yakni kewajiban yang mutlak harus dilakukan oleh masing masing pribadi dan tidak boleh diwakilkan karena ya memang sudah jelas tidak mungkin bisa.. :3 :D

  Salah satu cara untuk melawan kemalasan jiwa kita sendiri adalah dengan memberikan kata kata motivasi penuh sugesti kepada jiwa kita agar kita bisa bersemangat kembali dan bisa kembali melanjutkan aktifitas belajar kita, kesimpulannya membaca atau mendengarkan kata kata motivasi belajar sebenarnya sangat penting untuk para penuntut ilmu terutama bagi para mahasiswa /pelajar. 

 Untuk itu, mari kita mulai dengan mengingat-ingat kembali kata kata mutiara atau kalimat kalimat motivasi islami.

Yuk kita simak Hadist dari Kanjeng Nabi Muhammad untuk umatnya agar kita terus menerus termotivasi untuk belajar dan terus mengembangkan diri.

Sabda Kanjeng Nabi Muhammad,

"Menuntut Ilmu itu wajib bagi muslim laki-laki dan muslim perempuan" 

"Tuntutlah ilmu mulai dari buaian hingga ke liang lahat"

Dan juga kata kata mutiara bijak yang penuh motivasi dari Sayyidina Ali, berikut ini, 

"Tuntutlah ilmu walau sampai ke negri china" 

(Tetaplah bersemangat untuk belajar atau menimba ilmu pengetahuan walau seberapapun jauh dan besar pengorbanan untuk menggapainya).

Ada 10 kelebihan ilmu dibandingkan dengan harta yang pernah disebutkan oleh Sayyidina Ali, dengan nilai ilmu yang sedemikian tinggi dan luhurnya itu, entah kenapa ya kebanyakan kita ini malah masih saja lebih bersemangat dalam mencari harta dibandingkan dengan mencari ilmu :p 
yuk langsung saja kita simak saja penonton.. :D 

  1. Ilmu adalah warisan para nabi dan rasul, sedangkan harta adalah warisan fir’aun dan Qarun
  2. Ilmu akan menjaga kita, sedangkan harta sebaliknya, kitalah yang harus menjaganya
  3. Ilmu, jika diamalkan malah akan semakin bertambah, sedangkan harta jika digunakan akan semakin berkurang
  4. Semakin banyak ilmu maka semakin banyak orang yang menyayangi dan menghormatinya, sedangkan semakin banyak harta cenderung banyak yang membenci dan iri kepadanya.  
  5. Pemilik ilmu akan dihormati dan mendapat sebutan baik,sedangkan pemilik harta seringkali dicemooh dan mendapat julukan yang buruk
  6. Ilmu tidak ada pencurinya sedangkan harta banyak pencurinya
  7. Pemilik ilmu akan diberi syafaat (pertolongan) dihari akhir kelak,sedangkan pemilik harta akan dihisab (dihitung) dan diusut semua asal muasal hartanya oleh Allah swt
  8. Ilmu akan kekal selamanya,sedangkan harta akan habis suatu saat nanti
  9. Pemilik ilmu akan dijunjung tinggi dengan kualitas manusianya, sedangkan pemilik harta akan dijunjung tinggi dengan kualitas hartanya
  10. Ilmu itu akan menyinari pemiliknya, sehingga hatinya menjadi lembut. sedangkan harta akan membuat gelap mata pemiliknya, hati menjadi keras dan hidup tidak tentram.

Tambahan satu lagi nih kata motivasi bagi kita para pecinta ilmu pengetahuan, terutama bagi adik-adikku yang lagi butuh motivasi biar besok belajar di sekolah dengan lebih bersemangat. :)  

Sebuah Syair Jawa Kuno yang indah namun sarat akan nilai-nilai nasehat dan motivasi bijak untuk tetap bersemangat dalam menuntut ilmu.
"Ilmu iku ayu koyo widodari, kulit moyo, moyo koyo don suwari.. yen di catur, brantane tan mari2.. yen di turut, munggah swargo mbuka kori.."
(Ilmu itu cantik Jelita bagai bidadari, yg rupanya elok bagai burung merak/kasuari.. yg tak habis2 sifat kecantikannya bila di sanjung.. yg bila diikuti membawa kita ke surga dan membuka pintunya)

Nah sepertinya cukup sekian dulu edisi ngeksis kali ini, Jaga terus api semangat belajar kita, sebagai penutup akan saya kutipkan kata motivasi belajar dari salah satu status facebook saya yang "kebetulan" seragam dengan topik yang sedang saya posting pada malam hari ini.. hehe :p

info-sipaijo.blogspot.com
info-sipaijo.blogspot.com

"Orang yang tidak senang mencari ilmu tidak bisa disalahkan, sebab tidak semua orang ingin berkembang dan hidup dengan lebih mudah dan efisien. Pasti ada aja kok orang yang senang dan sangat menikmati penderitaan, setiap orang jelas memiliki karakter dan seleranya masing2 dalam menata gaya hidupnya" 

Wassalam :)

 

 

Baca Juga :

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »