Kumpulan Kata Bijak Bahasa Jawa Populer dan Artinya | Peribahasa Jawa Tentang Kehidupan


Kumpulan Kata Mutiara Jawa Populer dan Nasehat Bijak Kehidupan Dalam Bahasa Jawa Beserta Arti dan Maknanya 


Selamat pagi pembaca,


Pagi ini ini penulis ingin menyajikan beberapa ulasan lengkap mengenai untaian kata mutiara jawa nan indah dan kata kata bijak jawa yang mengandung makna yang sangat tinggi sekaligus mendalam sebagai bahan kajian dan renungan kita semua sebagai generasi penerus bangsa Indonesia.


Percayakah anda bahwa menggali berbagai warisan budaya bangsa sangatlah penting peranannya dan sebagai bentuk usaha kecil yang nyata dalam menumbuhkan dan memupuk keterikatan batin dan kedekatan emosional kita dengan para leluhur bangsa indonesia, lebih lebih bagi anda yang merasa sebagai para keturunan penduduk jawa.



http://info-sipaijo.blogspot.co.id/2015/10/kumpulan-kata-mutiara-bijak-jawa-dan.html
Nasehat dan Kata Bijak Jawa dituturkan lintas generasi
sebagai bentuk pendidikan terhadap Generasi Selanjutnya.


 Terhadap warisan kebudayaan leluhur jawa yang terkenal di dunia sebagai suatu bangsa yang pernah mendirikan kerajaan kerajaan besar dan melahirkan suatu tata peradaban bertaraf sangat maju di zamannya tersebut.


Sudah selayaknya kita sebagai generasi penerus menjaga, mempertahankan dan kalau bisa mengembangkan serta menyempurnakan segala pencapaian dan prestasi prestasi para leluhur jawa yang sejak dahulu kala telah dikenal memiliki tingkat peradaban yang maju dan terkemuka di dunia.



Dari berbagai warisan budaya fisik dan non fisik yang leluhur kita tinggalkan sejatinya hal tersebut mengandung banyak sekali pelajaran hidup dan nilai nilai yang patut diteladani dan dibanggakan.



 Pada Kesempatan kali ini penulis juga akan mengajak pembaca untuk kembali menelaah berbagai kandungan rahasia dalam Pitutur jawa, Kutipan Nasehat Bijak dan kata kata Mutiara Jawa Populer dari para leluhur jawa.



Dengannya diharapkan kita bisa menemukan kembali pecahan kecil dari sebuah puzzle raksasa peradaban dan jati diri bangsa, khususnya mengenai kearifan kearifan lokal bangsa indonesia dan juga butiran mutiara mutiara kehidupan dalam bangunan peradaban jawa yang hilang .


Semoga saja hal tersebut dapat membantu kita dan anak cucu kita nantinya dalam mengarungi perjalanan berat nan panjang untuk menuju kehidupan yang lebih baik pada masa masa mendatang.



Baca Juga : 

Inilah Sistematika Unik Tentang Silsilah dan Panggilan Kekerabatan Jawa Yang Semakin Terlupakan, Masih adakah Yang Anda Hafal?


Artikel di bawah ini berisi Kumpulan Kata kata Mutiara dan kata Bijak Bahasa Jawa yang sudah populer dalam kehidupan sehari hari masyarakat jawa.


Yang tentunya sudah dilengkapi dengan artinya dalam bahasa Indonesia dan juga maknanya secara lengkap menurut versi penulis.


Hal tersebut tidak lain agar lebih memudahkan para pembaca sekalian dalam memahami ungkapan ungkapan kata bijak jawa yang sekalipun sudah populer di kalangan orang jawa ini, tentunya tidak semuanya dapat mengerti maksudnya,


Lebih lebih bagi para pembaca yang bukan dari bangsa jawa atau mungkin yang sudah dapat berbahasa jawa namun masih yang kurang begitu banyak menguasai kosa kata dalam bahasa jawa.


Kesempurnaan hanyalah milik Tuhan, Besar harapan penulis agar diantara pembaca yang sudah pasti banyak sekali yang lebih paham dari penulis dalam topik bahasan sebagaimana yang ditulis dalam blog sederhana ini untuk dapat meluangkan waktunya dalam memberikan komentar, tambahan, revisi, kritik dan saran serta hal hal yang membangun lainnya demi kebaikan kita bersama.


Candi Prambanan
Hasil Karya dari sebuah Bangsa Berperadaban Tinggi
di masa lampau


Demikian sepatah dua patah kata dari penulis Postingan yang berjudul Kumpulan Kata Kata Mutiara Jawa dan Nasehat Bijak Bahasa Jawa Populer Beserta Arti dan Maknanya ini .




Baca Juga Artikel Penting Yang Bikin Anda Manyun Berikut ini :D

Download Gambar Meme dan DP BBM Bahasa Jawa Paling Unik Dan Lucu

Kumpulan Gambar DP BBM Bahasa Jawa Paling Nggak Unik, Nggak Lucu dan Nggak Gokil



Semoga artikel ini bermanfaat, selamat menikmati. ;)





1. "Nrima ing Pandum".


( Menerima dengan ikhlas masing masing jatah bagiannya )



Kata Kata Bijak Jawa ini mengandung pesan dan anjuran agar kita selalu bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Yang dituangkan dalam suatu sikap hati yang selalu legawa dan ikhlas atas setiap pemberian dan karunia yang telah ditentukan Tuhan bagi masing masing makhluknya.


2. "Sabeja - Bejane Wong Kang Lali, Luwih Becik Wong kang Eling lan Waspodo".



(Seberuntung-beruntungnya orang yang lupa/tersesat  masih lebih baik keadaannya orang yang selalu mawas diri dan waspada).


 Mungkin agar Nasehat bijak jawa ini bisa lebih mudah dipahami, Penulis akan memberikan suatu ilustrasi :  

Misalkan, seberuntung apapun seseorang dalam suatu kecelakaan misalnya hanya kakinya saja yang putus, mobilnya saja yang penyok atau orang itu hanya mengalami lecet-lecet sedikit saja pada tubuhnya,.

Tentunya masih lebih bagus keadaan orang yang selalu hati-hati sehingga ia tidak sampai mengalami kecelakaan se-ringan apapun dan menderita satu luka kecilpun sama sekali. :)

Tenyata sungguh mendalam makna dari kata bijak jawa dari para leluhur ini bukan? 

Prinsip kewaspadaan dan kehati hatian agaknya cukup mendapat perhatian yang besar dari para nenek moyang orang jawa.


3. Alon Alon Penting Klakon

(Pelan Pelan Asalkan Terlaksana)


Alon Alon Asal Klakon ini adalah semboyan dan falsafah hidup orang jawa yang sangat populer dan paling merata pengaplikasiannya pada kehidupan sehari hari masyarakat jawa. 

Pitutur jawa ini bahkan bisa dikatakan sebagai gambaran dan simbol dari orang jawa  yang terkesan serba slow response dan slow reaction alias bergerak terlalu lamban dan terlalu berhati hati dalam menjalani kehidupannya.

Kemungkinan semua ini ada kaitannya dengan kata bijak jawa pada nomor sebelumnya, yang menganjurkan manusia untuk selalu berhati hati dan waspada sehingga mereka akan selalu selamat dan sukses dengan sempurna sekalipun mungkin, prinsip hidup terlalu berhati hati itu akan membutuhkan lebih banyak waktu, membutuhkan tingkat kesabaran serta pengendalian diri yang sangat tinggi.

Manusia tentunya seringkali kehilangan kendali dan juga kesabaran dalam mengejar sesuatu yang ia ingin capai, tentunya kekurang sabaran ini kadang kala mengesampingakan keselamatan dan juga perhitungan yang matang sehingga hal tersebut bisa berakibat buruk bagi mereka sendiri. 



"Rejeki iku ora bisa di tiru".

(Rejeki itu tidak bisa ditiru).




  Kata bijak jawa ini menyiratkan tentang keadaan setiap makhluk yang sudah pada dasarnya telah diberikan jatah dan takaran rejekinya masing-masing oleh yang Maha Kuasa.

Dengan usaha yang sama dan strategi yang sama persis sekalipun, tidak ada jaminan kita akan bisa merasakan kesamaan dalam perolehan rejeki sebagaimana yang didapatkan oleh orang lain.




4. Mangan ora mangan sing penting kumpul".

(Makan nggak makan asalkan selalu bersama sama)

Falsafah Jawa kuno ini menyiratkan pada kuatnya kekerabatan orang jawa dan besarnya keinginan untuk tidak sampai berpisah antara satu dengan yang lainnya sekalipun dalam kondisi yang berat dan sulitnya kehidupan.

Sungguh unik dan romantis kata bijak jawa yang satu ini, Makan nggak makan yang penting bisa terus bersama sama. hehe..

Nilai yang terbersit pada hemat penulis pada kata bijak jawa ini adalah tingginya tingkat kesetiaan orang jawa antara satu dengan yang lainnya.



 Cak Nun, Sang Kiai Jawa sedang Bersama "Kiai Kanjeng"
Group Orkestra internasional Gamelan Jawa Asuhan Beliau




Baca Juga :


Kata Kata Sugesti Untuk Motivasi Belajar - Ilmu Iku Ayu Koyo Widodari




Ada banyak sekali kisah kisah kuno orang jawa yang menarik yang menggambarkan tentang kesetiaan mereka kepada orang orang yang dicintainya, pada kesempatan mendatang semoga penulis segera dapat menerbitkan postingan artikel dengan tema tema tersebut untuk para pembaca sekalian. :)


5. "Wong urip iku sejatine mung mampir ngombe"


(Orang hidup itu laksana orang yang mampir untuk sekedar minum).

Pepatah bijak jawa populer yang satu ini mengingatkan kita akan kefanaan dunia, ketidak abadian hidup di dalamnya serta tentang keberadaan kita di dunia ini yang hanya sementara.

Sudah menjadi pemahaman umum dalam masyarakat jawa bahwa Hidup di dunia bukanlah tujuan dan akhir dari perjalanan kita. 

Untuk menggambarkan fakta inilah, Sehingga muncullah sebuah filosofi hidup orang jawa secara turun temurun yang wariskan melalui kata bijak jawa kuno yang cukup populer ini.

 Yakni bahwa hidup di dunia hanya lah sekejap saja seperti seseorang yang mampir untuk minum di suatu tempat kemudian ia pun meninggalkannya.



6. ALANG ALANG DUDU ALING ALING , MARGINING KAUTAMAN.


[Halangan bukanlah pemisah antara kita dengan usaha untuk menggapai Kesempurnaan].

Kata Bijak jawa ini bermakna bahwa dibutuhkan banyak pengorbanan dan perjuangan dalam menggapai kesempurnaan hidup.

Maka hendaknya kita selalu bersabar atas segala ujian hidup dan dianjurkan untuk terus menerus melakukan kebaikan dan perbaikan semasa hidup untuk dapat melewati segala penghalang dalam menuju kemuliaan dan kesempurnaan hidup.

7. SOPO WERUH ING PANUJU SASAT SUGIH PAGER WESI.

(Barangsiapa yang mengetahui tujuan hidupnya, maka seolah olah ada pagar besi di sepanjang jalan yang akan menghalanginya dari ketersesatan menapaki jalan kehidupan)


Arti dari Kata Bijak jawa diatas cukup jelas maknanya bukan?

Orang yang memiliki tujuan hidup yang jelas dan cita cita yang mulia akan beroleh keselamatan serta selalu dimudahkan jalannya oleh Tuhan Yang Maha Kuasa.


Baca Juga Artikel Menarik Dan Bermanfaat Lainnya :







  • Kumpulan Kata Bijak dan Mutiara Kehidupan Emha Ainun Nadjib (Cak Nun)


  • Kata Kata Bijak Dan Renungan Pengubah Hidup Cak Nun  ( Emha Ainun Nadjib)


  • Kata Bijak / Kata Mutiara Islami Imam Ali kw Tentang Kehidupan 


  • Bukan siapa siapa, hanya blogger pemula yang juga ingin berbagi. :)

    Share this

    Related Posts

    Previous
    Next Post »