10 Cara Unik Memanfaatkan Kopi dan Ampasnya Secara Menakjubkan | Info Sipaijo

Kopi, adalah sebuah nama minuman atau tanaman perkebunan yang sudah sering kita dengar, sehingga mungkin akan terdengar biasa biasa saja.

 Namun mendengar kata "kopi" di awal pagi atau di penghujung sore.. hmm rasanya pasti kita ingin segera menikmati secangkir kopi yang panas dengan teksturnya yang lembut dan aromanya yang khas tentunya hari hari kita akan selalu terasa riang gembira dan ber-Energi.



Nah, tahukah anda pembaca sekalian bahwa kopi ternyata tidaklah hanya dapat dimanfaatkan sebagai minuman penyemangat pagi atau sebagai teman santai di waktu senja saja ?


Tidak percaya? yuk langsung saja kita cek enricek manfaat lain dari kopi selain sebagai perasa dan peng aroma minuman hangat tersebut, selamat menikmati dan semoga terinspirasi.



1. Penambah Cita Rasa Rokok 

Manfaat Lain Dari Kopi Yang Jarang Diketahui

Ngopi sambil merokok, atau merokok sambil ngopi.. rasanya sudah menjadi tradisi turun temurun bangsa Indonesia.
Dari 2 aktifitas relaksasi alias bersantai khas ala orang indonesia inilah trik ini akhirnya ditemukan.


Ampas kopi secara iseng iseng di oleskan pada permukaan batang rokok.


Nah dengan memadukan ampas minuman kopi dan rokok, ternyata akan tercipta suatu kombinasi aroma dan cita rasa yang unik dan tentu saja merokok jadi lebih nikmat.


2. Kopi Sebagai Penyerap Bau 

Kopi ternyata memiliki kesaktian yang cukup luar biasa dalam menyerap bau. Bahkan pada bau yang sangat busuk sekalipun.


Cara penggunaannya pun cukup mudah loh pembaca. Kita cukup menaburkan bubuk kopi pada tempat-tempat yang berbau busuk atau bau yang kurang disukai sehingga bau itupun akan diserap oleh kopi.


Hanya saja tidak diperkenankan menaburkan bubuk kopi kepada teman anda yang bau karena belum mandi ya pembaca.. hehe..



3. Ampas Kopi Sebagai Pupuk Alami Tanaman

Percayakah anda bahwa kopi ternyata sangat baik bila dijadikan sebagai pupuk bagi tanaman anda? 

Sebuah penelitian terbaru mengatakan bahwa kopi ternyata sangat baik dan dapat digunakan sebagai penyubur tanah. hal ini dikarenakan ampas kopi kaya akan kandungan nitrogen, fosfor dan potasium (NPK) yang dibutuhkan tanaman. sehingga dengan menuangkan ampas kopi yang sudah anda nikmati ke dekat tanaman maka unsur hara dalam tanah akan meningkat dan menyuburkan tanaman anda.


4. Kopi untuk mengusir lalat

Mungkin jarang yang kepikiran tentang hal ini. Namun nyatanya kopi juga bisa dimanfaatkan untuk mengusir lalat, bahkan sangat ampuh.
Caranya pun mudah.
Ambil bubuk kopi, tempatkan pada cawan kecil yang terbuat dari logam.
Lalu nyalakan api atau tungku di dekatnya, sehingga bau kopi menyeruak.
Bau kopi yang terbakar terbukti sangat ampuh untuk mengusir lalat.


5. Kopi untuk Melindungi gigi


Penelitian telah menunjukkan bahwa Kopi memiliki sifat anti bakteri dan anti-perekat. Karena sifat inilah mengkonsumsi minuman akan sangat baik untuk membantu penyembuhan berbagai masalah berkaitan dengan kesehatan mulut.

Dalam hal ini termasuk masalah gigi berlubang, terjadinya pembentukan plak dan infeksi gusi.


6. Kopi untuk membantu mengatasi depresi

Antioksidan yang terkandung dalam kopi dapat menangkal kerusakan pada sel otak dan membantu jaringan saraf untuk bekerja lebih baik.
Mengkonsumsi minuman kopi secara teratur, dengan porsi yang tepat akan dapat memaksimalkan kerja otak menjadi lebih baik.
Sementara itu kafein yang terkandung dalam kopi memiliki fungsi sebagai stimulan pada tubuh, yang dapat merangsang indera dan meningkatkan laju metabolisme.
Karena itu dapat meningkatkan kemampuan dalam berkonsentrasi serta mengatasi perubahan suasana hati bahkan depresi.


7. Kopi untuk Anti-selulit 

Jika kebetulan mengalami selulit,namun kebetulan pula tahu tentang manfaat unik kopi, mungkin anda tidak akan bingung untuk mencari produk perawatan terhadap kulit yang mengalami selulit.
Cukup gunakan kopi.
Caranya, ambil ampas dari minmuman kopi yang masih hangat. Tempelkan pada daerah yang mengalami selulit, lalu bungkus dengan shringking foil.
Diamkan selama 15-30 menit, setelah lalu bilas sampai bersih.
Ulangi cara ini 2-3 kali sepekan hingga selulit kabur.



8. Kopi untuk mencegah penyakit diabetes

Penelitian gizi di Amerika Serikat menunjukkan bahwa mengkonsumsi kopi dapat mencegah timbulnya penyakit diabetes. Orang yang terbiasa mengkonsumsi kopi didapati mampu menurunkan presentase kemungkinan terkena penyakit diabetes, sampai sebesar 67%.


9. Kopi untuk mencegah penyakit jantung dan stroke

Berbeda dengan anggapan umum. Berdasar hasil penelitian yang dilakukan terhadap 83000 responden wanita dengan umur 24 tahun didapati bahwa kandungan dalam kopi ternyata dapat menurunkan resiko terkena serangan penyakit jantung dan stroke.
Pada penelitian tersebut menunjukkan, orang yang mengkonsumsi 2-3 cangkir kopi dalam satu hari, resiko untuk dapat terkena serangan penyakit tersebut bahkan bisa turun sampai 18% .


10. Kopi untuk perawatan kecantikan kulit

Bubuk kopi bersifat sedikit abrasif. Hal inilah yang dimanfaatkan untuk perawatan kecantikan kulit. 
Caranya adalah dengan mencampurkan bubuk kopi dengan sedikit minyak zaitun atau madu maka akan bermanfaat mwmbantu pengelupasan sel kulit mati dan mempercepat regenerasi kulit.

Hasilnya?  kulit akan terasa halus dan lembut. Secara tradisional, di berbagai negara telah sangat populer memanfaatkan kopi untuk perawatan kulit.selamat mencoba.

Bukan siapa siapa, hanya blogger pemula yang juga ingin berbagi. :)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »