Kumpulan Kata Bijak Islami Sayyidina Ali ra Tentang Kehidupan | Info-Sipaijo

   Sungguh Indah dan Bijaksana Untaian Nasehat dan Kata-kata Mutiara Sayyidina Ali Bin Abi Thalib kw, Akhlak Beliau yang begitu luhur adalah buah yang ranum dari didikan dan teladan Rosululloh saw, Keilmuan dan Pemikiran Sayyidina Ali yang mendalam adalah bukti ketekunan dan Kecerdasan beliau, Memang layak bila beliau lah yang akhirnya dipilih oleh Nabi saw untuk menjadi pemimpin dan pendamping bagi Putri kesayangan Nabi, Sang penghulu wanita di surga, Sayyidatuna Fatimah Azzahra.

Baiklah, langsung saja kita simak bersama kutipan kata kata nasehat nan bijak dan kata mutiara islami yang singkat namun sarat akan  keindahan dan makna yang mendalam ini dari Imam Ali bin abi Thalib karomallau wajhah, semoga bermanfaat, selamat menikmati ;-)



  1. Wahai saudagar!Ambillah yang benar,nescaya kamu selamat. Janganlah kamu menolak keuntungan yang sedikit karena kamu tidak memperolehi keuntungan yang banyak.
  2. Bahagialah orang yang dapat menjadi tuan untuk dirinya, menjadi kusir untuk nafsunya dan menjadi nahkoda bagi bahtera hidupnya
  3. Dada orang berakal adalah peti rahasianya. (Kata Bijak Islami Ali bin Abi Thalib)
  4. Permulaan kebaikan dipandang ringan, tetapi akhirnya dipandang berat. Hampir-hampir saja pada permulaannya dianggap sekadar menuruti khayalan, bukan pikiran; tetapi pada akhirnya dianggap sebagai buah pikiran, bukan khayalan. Oleh karena itu, dikatakan bahwa memelihara pekerjaan lebih berat dari pada memulainya 
  5. Memulai pekerjaan adalah sunnah, sedangkan memeliharanya adalah wajib
  6. Jika engkau ingin mengetahui watak seseorang, maka ajaklah dia bertukar pikiran dengan mu. Sebab, dengan bertukar pikiran itu, engkau akan mengetahui kadar keadilan dan ketidakadilannya, kebaikan dan keburukannya
  7. Duduklah bersama orang-orang bijak, baik mereka itu musuh atau kawan. Sebab, akal bertemu dengan akal
  8. Sebaik-baik kehidupan adalah yang tidak menguasaimu dan tidak pula mengalihkan perhatiaanmu (dari mengingat Allah SWT)
  9. Tanyailah hati tentang segala perkara karena sesungguhnya ia adalah saksi yang tidak akan menerima suap
  10. Kecemburuan seorang wanita adalah kekufuran, sedangkan kecemburuan seorang laki-laki adalah keimanan.
  11. Berbicaralah, niscaya kalian akan dikenal karena sesungguhnya seseorang tersembunyi dibawah lidahnya
  12. Sesungguhnya hati memiliki keinginan, kepedulian, dan keengganan. Maka, datangilah ia dari arah kesenangan dan kepeduliaannya. Sebab, jika hati itu dipaksakan, ia akan buta
  13. Tidak ada kenikmatan di dunia ini yang lebih besar dari pada panjang umur dan badan yang sehat
    info-sipaijo.blogspot.com
    Sayyidina Hasan, Sayyidina Ali, Sayyidina Husein 
  14. Sesungguhnya wanita sanggup menyembunyikan cinta selama empat puluh tahun, namun tidak (sanggup) menyembunyikan kebenciaan walau hanya sesaat.
  15. Ada kalanya perang terjadi karena satu kalimat, dan ada kalanya pula cinta tertanam karena pandangan sekilas.
  16. Perbuatan buruk yang menjadikanmu bersedih karenanya lebih baik di sisi Allah dari pada perbutan baik yang membuatmu bangga.
  17. Siapa yang memandang dirinya buruk maka dia adalah orang yang baik. Dan siapa yang memandang dirinya baik, dia adalah orang yang buruk.
  18. Tiga hal yang menyelamatkan, yaitu; takut kepada Allah, baik secara diam-diam maupun terang-terangan; hidup sederhana, baik di waktu miskin maupun kaya; dan berlaku adil, baik diwaktu marah maupun ridha. ()
  19. Tiga macam orang yang tidak diketahui kecuali dalam tiga situasi; (pertama) tidak diketahui orang pemberani kecuali dalam situasi perang. (kedua) tidak diketahui orang yang penyabar kecuali ketika sedang marah. (ketiga) tidak diketahui sebagai teman kecuali ketika (temannya) sedang butuh.
  20. Barang siapa yang dalam urusannya berada pada posisi tidak memikirkan akibatnya, maka dia telah menghadapkan dirinya pada musibah yang besar.
  21. Diantara taufik adalah berhenti ketika ragu.
  22. Diantara amal kebajikan yang paling utama adalah; berderma di saat susah, bertindak benar ketika sedang marah, dan memberi maaf ketika mampu untuk menghukum.
  23. Kebajikan adalah apa yang dirimu merasa tenang padanya dan hatimu merasa tentram karenanya. Sedangkan dosa adalah yang jiwamu merasa resah karenanya dan hatimu menjadi bimbang.
  24. Jika perkataan keluar dari hati, maka ia akan berpengaruh terhadap hati, dan jika ia keluar dari lidah, maka ia tidak akan mencapai telinga.
  25. Janganlah engkau merendahkan seseorang karena kejelekan rupanya dan pakaiannya yang usang, karena sesungguhnya Allah ta’ala hanya memandang apa yang ada dalam hati dan membalas segala perbuatan.
  26. Janganlah engkau teregsa-gesa mencela seseorang karena dosanya. Sebab barangkali dosanya telah diampuni. Dan janganlah engkau merasa aman akan dirimu karena suatu dosa kecil. Sebab, barangkali engkau akan diazab karena dosa kecilmu itu
  27. Jauhilah olehmu posisi mengemukakan alasan. Sebab, ada kalanya alasan justru menetapkan kesalahan terhadap orang yang berdalih itu, meskipun dia bersih dari dosa itu
  28. Barangsiapa yang telah kehilangan keutamaan kejujuran dalam pembicaraannya, maka dia telah kehilangan akhlaknya yang termulia.
  29. Buruk sangka melayukan hati, mencurigai orang yang terpercaya, menjadikan asing kawan yang ramah, dan merusak kecintaan saudara.
  30. Janganlah engkau merasa senang dengan banyaknya teman, selama mereka bukan orang yang baik-baik. Sebab, kedudukan teman seperti api, sedikitnya adalah kenikmatan, sedangkan banyaknya adalah kebinasaan.
  31. Sebaik-baik teman, jika engkau tidak membutuhkannya, dia akan bertambah dalam kecintaannya kepadamu, dan jika engkau membutuhkannya, dia tidak akan berkurang sedikitpun kecintaannya kepadamu.
  32. info-sipaijo.blogspot.com
    Kata Mutiara Islami Sayyidina Ali Bin Abi Thalib kw KW
  33. Orang yang tidak menguasai matanya, hatinya tidak ada harganya (Khalifah Ali bin Abi Talib)
  34. Kesempatan datang bagai awan berlalu. Pergunakanlah ketika ia nampak di hadapanmu.
  35. Perkataan sahabat yg jujur lebih besar harganya daripadaharta benda yg diwarisi nenek moyang.
  36. Orang-orang yang suka berkata jujur mendapatkan tiga hal,kepercayaan,cinta, dan rasa hormat.
  37. Takutlah kamu akan perbuatan dosa di saat sendirian, disaat inilah saksimu adalah juga hakimmu.
  38. Mereka yang bersifat pertengahandalam semua hal tidak akan menjadi miskin.
  39. Jagalah ibu bapamu, niscaya anak-anakmu akan menjaga kamu.
  40. Bakhil terhadap apa yang ditanganadalah tidak mempunyai kepercayaan terhadap Allah SWT.
  41. Kekayaan seorang Kikir akan turunkepada ahli warisnya atau ke angin. Tidak ada yang lebih terpencil daripada seseorang kikir
  42. Seorang arif adalah lebih baik daripada kearifan. Seorang jahat adalah lebih baik dari kejahatan.
  43. Beramal baiklah untuk akhirat menurut kemampuanmu dan janganlah menjadikan keluargamu hina dalam kemiskinan. (Kata Mutiara Islami Imam Ali)




Previous
Next Post »
Post a Comment
Thanks for your comment