4 Sifat dan Karakter Psikologis Manusia Menurut Galen | Info Sipaijo


Ada 4 sifat psikologis manusia yang begitu terkenal dalam ilmu teori psikologi modern sekarang ini, dan  anehnya hal ini di nukil dari teori seorang Filsuf Romawi kuno yang bernama Galen. Apa sajakah itu...??

 

 


    

Galen membagi 4 kelompok itu menjadi Melankonis, Sangunis, Koleris dan Plegmatis. Yang patut di perhatikan adalah dalam teorinya hampir tidak mungkin ditemukan manusia yang mempunyai satu kepribadian mutlak, akan tetapi setiap manusia di berikan minimal 2 kombinasi sifat yang berbeda atau lebih namun dengan tetap mempunyai hanya 1 kepribadian yang lebih dominan dibanding sifat-sifatnya yang lainnya.

   Adapun ciri-ciri 4 sifat/karakter manusia menurut galen tersebut adalah :

www.info-sipaijo.blogspot.com
Sifat Psikologis Manusia


 1) MELANKONIS

Orang dengan tipe kepribadian melankonis ini adalah tipe yang senang berfikir dan menghayati setiap peristiwa yang ia lihat, mereka umumnya sangat cerdas bahkan seringkali melahirkan manusia bertaraf jenius, mereka paling bersikap hati-hati diantara ke-3 kelompok kepribadian lainnya alias paling berpandangan jauh atau panjang akal, sehingga seolah-olah  terkesan agak lamban dan pemalas. cenderung skeptis terhadap pujian (cool), melankolis adalah tipe manusia mandiri, pendiam dan senang menyendiri serta tidak menyukai kepopuleran.

Kesenangannya menyendiri dikarenakan tipe melankonis sebenarnya adalah tipe manusia yang sangat mengharapkan kehidupan damai, nyaman, adil, saling menghormati, dan segala suasana yang serba idealis lainnya, yang tentu saja sangat jarang mereka jumpai dikehidupan ini, jadi bisa dikatakan mereka tidak terlalu senang dengan rasa sakit dan tekanan.

Melankonis dikenal paling baik dalam menerima pelajaran-pelajaran akademik maupun spiritual, rasa empatinya sangat dalam terhadap penderitaan manusia, berjiwa seni tinggi, senang humor dan ahli dalam kreatifitas, mereka tipe manusia yang cenderung berfikir out of the box alias agak non mainstream serta penganjur dan penjunjung kebebasan.

Sifat buruknya adalah terkadang terlalu pesimis, terkesan agak pemalas, seringkali curiga dan risau berlebihan dan senang mengorbankan diri untuk orang lain secara berlebihan.



2) SANGUINIS

Seseorang dengan tipe ini sangat terobsesi dengan kepopuleran (narsis), suka bersenang-senang dan cari perhatian (yah pokoknya paling hedonis lah diantara ke tiga tipe yang lainnya) dan keceriwisannya itu benar-benar sangat berlebihan.

Eits.. tunggu dulu, sifat baiknya banyak juga loh..


Karena sifatnya yang supel, dia selalu cepat mendapatkan banyak teman dan selalu menjadi sorotan banyak orang, mereka sangat teliti pada penampilan bahkan hingga dalam hal-hal terkecil sekalipun, perasaannya dikenal sangat sensitif jika menyangkut dirinya sendiri, namun ketika empatinya hidup, responnya terhadap penderitaan manusia sangat menakjubkan,

Mereka dikenal sangat suka membantu dan menyemangati orang lain, dan kehidupannya sendiri juga sangat penuh dengan semangat, sanguinis sangat percaya diri dan selalu optimis dalam meghadapi semua tanntangan dalam hidupnya.


Segala sesuatu begitu indah bagi mata hati mereka, sehingga mereka terlihat selalu riang gembira dan seolah tidak punya masalah berat, padahal.. ya sama saja dengan yang lainnya, terbukti dengan seringnya mereka mengeluh kepada orang-orang dekatnya. :)
Kebalikan dari dengan Melankonis, Sanguinis justru sangat benci dan takut pada keterasingan dan juga kesendirian.






3) KOLERIS

Disiplin, berkrepribadian kuat, dan mempunyai jiwa kepemimpinan yang sangat baik adalah ciri utama tipe manusia satu ini, mereka tipe manusia pekerja keras dan sangat produktif.
jika anda sedang mencari tipe orang yang paling membutuhkan deretan prestasi dan pengakuan orang banyak, maka merekalah orangnya.


Namun terkadang kenyataan dan harapan bisa saja bertolak belakang, karena orang bertipe Koleris ini menuntut loyalitas yang tinggi, mereka dinilai cenderung Egois, Angkuh dan suka memerintah, sehingga banyak juga orang yang tidak senang dan dan tidak cocok dengannya.
Selain itu orang koleris juga dikenal keras kepala, tidak mau mengalah, gengsinya tinggi dan kurang peka terhadap perasaan orang lain, mungkin mereka memang terpaksa tidak terlalu memedulikan masalah perasaan demi keberhasilan suatu tujuan yang mereka anggap lebih penting dan besar.


Mereka unggul dalam situasi-situasi genting, dan kecakapan serta kecekatannya dalam mengambil keputusan serta kefasihan berbicaranya yang bagus adalah magnet penarik bagi orang banyak.



4) PLEGMATIS

Ini adalah tipe cinta damai dan pendamai, dia suka semuanya serba apa adanya jadi dia ingin tidak perlu ada lagi yang diubah-ubah. mereka sangat penyabar, pemalu dan lebih senang dipimpin daripada memimpin.
 
Dia paling benci resiko, perubahan dan segala jenis tantangan zaman, juga tidak suka mempersoalkan hal-hal kecil. Intinya tipe ini susah sekali menerima perubahan, kurang disiplin, kurang motivasi dan suka sekali menunda-nunda pekerjaan. Pendiam dan tidak suka keramaian juga ada pada adalah tipe manusia ini.

Dalam pergaulan, tipe ini biasanya dianggap sebagai tipe manusia yang lamban dan penurut, dan memang ini sesuai dengan peranannya sebagai sang pendamai dan pemberi rasa nikmat bagi semesta. mereka benar-benar tipe manusia yang mengalir apa adanya, hampir tidak ada masalah serius sepanjang hidupnya, karena setiap orang bisa dengan mudah menjadi temannya, jadi untuk apalagi mereka berjuang dan mmerepoti diri ? lah wong semua juga sudah ada dan mudah didapat. :)


Nah akhirnya sampai juga kita di ujung acara pemirsa.., Demikian apa yang bisa saya laporkan, mudah-mudahan ini bisa lebih membantu dalam memahami teori galen mengenai penggolongan manusia menurut sifat dan karakter psikologisnya.

Salam dan terima kasih :)

Baca Juga : 

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »